Perangkat Multimedia
1.Kamera digital
Kamera
digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya
dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr
CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke
dalam media simpan digital.
Karena
hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah
menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat
membaca media simpan digital tersebut.
Kemudahan
dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya
secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan
warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif
lebih mudah daripada kamera manual.
Komponen kamera digital
Sensor kamera
Sensor
kamera adalah sensor penangkap gambar yang dikenal juga sebagai CCD (Charged
Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) yang
terdiri dari jutaan piksel lebih.
Sensor ini berbentuk chip yang terletak tepat di
belakang lensa. Semakin banyak pixel yang ditangkap, semakin detail gambar yang
dihasilkan.
Layar LCD
Layar LCD (LCD display)
adalah layar kecil pada kamera digital yang bermanfaat untuk melihat seperti
apa bidikan yang ditangkap oleh sensor CCD. Hasil yang ditunjukkan pada layar
LCD lebih akurat dibandingkan hasil yang diperkirakan dalam kamera konvensional
yang sering berbeda.
Layar
LCD juga bisa membantu untuk melihat hasil foto secara instan setelah gambar
diambil, hal ini memudahkan untuk mengkoreksi langsung hasil foto untuk
mendapatkan hasil yang terbaik.
Media penyimpanan
Salah
satu komponen yang sangat berperan adalah media penyimpanan. Media ini dapat
berupa compact flash, memory stick, dan
sebagainya. Pada umumnya media penyimpanan memiliki kapasitas penyimpanan
gambar dalam jumlah besar sesuai dengan kapasitas memori yang dimiliki.
Kapasitas
gambar pada setiap media juga ditentukan dengan kapasitas resolusi dari
masing-masing gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi CCD, semakin
besar ukuran ruang untuk menyimpan berkas yang dibutuhkan dalam media
penyimpan.
2.Proyektor LCD
Proyektor
LCD merupakan
salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data
dari komputer pada
sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis
ini merupakan jenis yang lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan
dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena
pada OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya
digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa
digunakan sebagai aplikasi home theater.
Untuk
menampilkan gambar, proyektor LCD mengirim cahaya dari lampu halide logam yang
diteruskan ke dalam prisma yang manacahaya akan
tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan
biru pada sinyal video.
Proyektor LCD berisi panel cerminyang terpisah
satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di
antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau
instruksi, kristal akan
membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut
Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.
Lampu yang
digunakan pada proyektor LCD adalah lampu halide logam karena
menghasilkan suhuwarna yang
ideal dan spektrum warna yang luas. Lampu ini juga
memiliki kemampuan untuk memproduksi cahaya dalam
juga sangat besar dalam area kecil dengan arus proyektor sekitar
2.000-15.000 ANSI lumens. Indonesia termasuk salah satu negara tujuan pasar proyektor LCD ini.
Berbagai
perusahaan proyektor LCD memasarkan produk mereka seperti Sony dan Sanyo. Produk proyektor LCD yang mereka
tawarkan beragam mulai dari yang hemat energi sampai model terbaru yang lebih
kecil dan ringan.
3.webcam
Kamera
web atau kamera
ramatraya (bahasa Inggris: webcam, singkatan dari web dan camera)
adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga)
yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring
Wera Wanua, program pengolahpesan
cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk
pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang
diganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan di kamera,
misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam
yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang
digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan
keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital)
kecil yang dihubungkan ke komputermelalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.
Cara Kerja WebCamara
Sebuah
web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar,
dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover),
termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan
memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan
gambar; kabel support,
yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan
papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk
menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera
biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera
digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan
menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada
beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah hardware mengubah
gambar ke dalam bentuk file JPG dan menguploadnya ke web server menggunakan File
Transfer Protocol (FTP).
Frame rate mengindikasikan
jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk
streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30
fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang
tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan
komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server
bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera
seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa menghindari penggunaan
kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi.
4.PRINTER
Printer
adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan
mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilanlainnya dari
komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal padaresolusi
printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah
titikdalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin
baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil
cetakanakan buruk / tidak bagus.
5.Headset
Headset adalah
gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk
mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer,
misalnya untukVoIP.
Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon
selular.
Sejarah
Headset
diciptakan pertama kali pada tahun 1910 oleh Nathaniel Baldwin,
mahasiswa Universitas Stanford. Namun penemuannya ini
tidak langsung menjadi perhatian publik, karena seperti layaknya penemu-penemu
pada zaman itu, Baldwin tidak berminat untuk memproduksi temuannya secara
massal.
Perkembangan Headset
Pada Perang
Dunia I, angkatan laut Amerika mengetahui penemuan
Baldwin dan memproduksi 100 headset untuk keperluan perang. Semenjak itulah
masyarakat mulai sadar dengan teknologi ini, bahkan pada 1961 headset dipakai
dalam kokpit pesawat terbang. Para pilot menyukainya karena headset
ini ringan dan nyaman dipakai. Headset pertama kali digunakan untuk pesawat
telepon pada tahun 1970.
Pada awal 2000, bersamaan dengan berkembangnya telepon selular, headset jenis nirkabel berbasis
teknologi Bluetooth mulai populer dipakai.
6.USB flash drive
Penggerak
kilat USB atau kandar kilas USB (bahasa
Inggris: USB flash drive) adalah alat penyimpanan data memori
kilat tipe NAND yang memiliki alat
penghubungUSB yang
terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa
dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang
tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai
512 gigabita.
Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang
digunakan.
Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.
Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.
7.SCANNER
Suatu
bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan
lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke
dalam komputer sebagai
data digital.
Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya,
antara lain:
· pemindai
gambar
· pemindai barcode
· pemindai sinar-X
· pemindai cek
· pemindai logam
· pemindai Optical Mark Reader (OMR)
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai
gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat
digunakan sebagai pemindai LJK. Agar hal tersebut dapat tercapai,
dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan
kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
1. Flatbed
Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
· kecepatannya
tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
· dapat
membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
· dengan imprinter, pemindai dapat
memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
· sangat
tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta
untuk pengarsipan dan manajemen dokumen
MACAM-MACAM PERALATAN MULTIMEDIA
Sebenarnya apa saja perangkat yang mendukung multimedia sebuah komputer? Sekarang juga telah banyak jasa sewa multimedia. Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :
1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.
2. CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
3. Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).
5. TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.
6. Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.