proposal ekonomi teknik
Proposal Bisnis
Nama Perusahaan :
domElektronik
Alamat :
Jl. Cinciro 5 rt02/07
Telepon :
0218756435
Ringkasan
Eksekutif
Kami
sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara
professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya
dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat 1 buah
produk, yaitu sebuah alat parking sensor
Tujuan
Dalam
menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yaitu untuk memberikan kepuasan kepada
konsumen dengan harga yg terjangkau
Misi dan Visi Perusahaan
Visi :
Ikut
mencerdaskan bangsa dengan IPTEK dan IMTAQ
Misi :
n
Membuat produk yang berkulitas dan bernilai
baik
n
Berusaha menumbuhkan generasi yang
memahami IPTEK dan IMTAQ
n
Terus berinofasi guna menjadikan produk
dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri
Sekilas
Perusahaan
domElektronik
adalah perusahaan multimedia yang membuat sebuah alat untuk kebutuhan sehari
hari
Kepemilikan
Perusahaan
domElektronik
adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Christian Evandro Lopez
Sejarah
Singkat Perusahaan
domElektronik
adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan alat elektronika
sederhana, domElektronik adalah perusahaan yang berdiri sejak 28 January 2017
dimana sang pendiri mendapat ide untuk membangun perusahaan ini adalah
inspirasi dari mata kuliah ekonomi teknik semasa kuliah di universitas
gunadarma.
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
domElektronik
Berlokasi di Jl. Cinciro 5 rt02/07. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua
lantai dengan ukuran 40x20 meter.
Produk
domElektronik
mempunyai satu produk yg akan di buat yaitu alat untuk parker suatu kendaraan
yg di dalamnya ada sensor ialah paring sensor
*.Parking
sensor
Sensor Parkir sekarang ini sudah hampir menjadi Perangkat
Standar pada Mobil-mobil keluaran baru, karena Manfaatnya yang sangat besar
dalam memberikan Panduan bagi Pengendara ketika memarkirkan mobilnya.
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Produk
Produk
kami adalah produk yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya.
Karena di buat dengan menggunakan komponen-komponen yang sederhana yang
tentunya menjadikan harga jual produk kami jadi lebih murah di banding produk
yang lain. Dan walaupun terbuat dari komponen sederhana tetapi soal kualitas
produk kami mampu bersaing dengan produk-produk perusahaan lain. Dan untuk
memproduksi produk,kami memakai cara manual tidak dengan menggunakan mesin, hal
ini kami lakukan Karena kami ingin membuat produk dari kreativitas kami sendiri
dan sehingga jika konsumen bisa memesan produk kami sesuai kreasi mereka.
Analisis
Pasar
Lokasi
kami merupakan tempat yang strategis Karena di lalui oleh banyak orang terutama
mahsiswa, yang jadi target kami adalah orang-orang yang biasa lewat di sekitar
area kami dan juga mahasiswa/i.
Mengenai
produk yang kami buat mungkin sudah banyak produk- produk yang di jual di
pasaran akan tetapi kami tidak ragu untuk menjual produk kami, Karena kami
yakin bahwa produk kami bakal menjadi produk yang lebih bagus dari
produk-produk yang sudah pernah ada sebelumnya, dan disini kami membuat produk
kami dengan konsep yang berbeda yaitu konsumen bisa memilih designnya sendiri.
Analisis
Industri
Saat ini
tentunya banyak sekali perusahaan-perusahaan pembuat alat elektronik yang
mungking lebih terkenal dan lebih terjamin produknya, akan tetapi di sinilah
kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk
kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan
dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan
Peramalan
Pasar
Saat
ini dari tahun ke tahun teknologi semakin canggih maka dari itu kami yakin
bahwa tujuan jangka pendek kami akan cepat tercapai tentunya dengan kerja keras
kita, Karena akan banyak orang yang mencari produk-produk modern yang seperti
kita buat.
Setelah
tercapai tujuan jangka pendek kami akan melanjutkan hingga tujuan jangka
panjang tercapai dan bukan itu saja kami juga akan memproduksi lebih banyak
alat elektronika supaya bisa memnuhi kebutuhan pasar
Strategi
Pemasaran
Strategi
kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama
dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama
dengan beberapa perusahaan elektronik lokal dalam hal promosi dan pemasaran.
Organisasi
Perusahaan
ini didirikan oleh satu orang yang tentunya akan menjadi pimpinan perusahaan,
sedangkan untuk operasional kami sudah membagi dalam beberpa separtemen yang
mana akan diisi oleh para pekerja yang akan kami rekrut.
Berikut
daftar departemen:
Ø Departemen Produksi
Ø Kepala Produksi
Bertanggung
jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas :
v Perakit produk
v Programmer
v Penguji produk
v Desainer produk
Departemen
Keuangan dan Manajemen :
Ø Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung
jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional :
v Akuntan
v Administrasi
Departemen
Operasional dan Pemeliharan :
Ø Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung
jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja :
v Teknisi
v OB
Departemen
Pemasaran :
Ø Kepala pemasaran
Bertanggung
jawab dalam penjualan produk dan promosi :
v Humas
v Sales
Departemen
pengembang :
Ø Kepala pengembang
Bertanggung
jawab dalam mengembangkan produk :
v Peneliti
v Creator pengembangan
Struktur
Organisasi
Estimasi
Biaya
Biaya
Investasi
Perlengkapan kantor
n
2 buah meja kerja
n
2 buah cabinet
n
1 set kursi tamu
n
Dispenser
n
2 buah AC
Perangkat Keras
n
3 buah komputer
n
Sebuah Scanner
n
Sebuah Printer
n
Komponen alat
Perangkat Lunak
n
OS Windows 7 original
n
MS office 2010 original
n
Dreamwaver
Total
biaya investasi = xxxx
Biaya
Operasional
n
Listrik selama setahun
n
Telepon selama setahun
n
Perlengkapan kantor setahun
Biaya pembuatan Parking Sensor
Komponen dan harga yang di butuhkan:
No
|
Nama komponen
|
Jumlah
|
Harga komponen
|
Jumlah Total
|
1
|
IC AT89C51
|
1
|
Rp.11.000,00
|
Rp.11.000,00
|
2
|
IC LM324
|
2
|
Rp.3.000,00
|
Rp.6.000,00
|
3
|
IC L239D
|
1
|
Rp.18.000,00
|
Rp.18.000,00
|
4
|
Xtal 12 MHz
|
1
|
Rp.2.000,00
|
Rp.2.000,00
|
5
|
Capsitor non polar 33 pF
|
1
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
6
|
Fototransistor
|
4
|
Rp.2.000,00
|
Rp.8.000,00
|
7
|
Kabel pelangi
|
1
|
Rp.10.000,00
|
Rp.10.000,00
|
8
|
Infrared
|
4
|
Rp.2.500,00
|
Rp.10.000,00
|
9
|
Resistor 330 ohm
|
4
|
Rp.200,00
|
Rp.800,00
|
10
|
Trimpot 50K
|
1
|
Rp.500,00
|
Rp.500,00
|
11
|
Resistor 1K ohm
|
1
|
Rp.100,00
|
Rp.100,00
|
12
|
Tulang ikan dan black housing
|
1
|
Rp.2.600
|
Rp.2.600
|
13
|
Motor DC 12V
|
2
|
Rp.25.000,00
|
Rp.50.000,00
|
Jumlah harga komponen
|
Rp.119.500,00
|
Pendapatan
3 produk setahun, harga penjualan x 3 x
target penjualan = xxxx pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx
R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha
tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang
dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx
Break Event Point (BEP)
BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. xxx : Rp xxx = xxxx keping
BEP Harga = Total Biaya : Total
Produksi
Rp. xxx : xxx keping = Rp. xxx/keping
Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada
dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak xxxx
keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. xxx/keping