proposal ekonomi teknik

Proposal Bisnis





Nama Perusahaan        : domElektronik
Alamat                              : Jl. Cinciro 5 rt02/07
Telepon                           : 0218756435



Ringkasan Eksekutif

Kami sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat 1 buah produk, yaitu sebuah alat parking sensor

Tujuan


Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yaitu untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dengan harga yg terjangkau


Misi dan Visi Perusahaan


Visi :
Ikut mencerdaskan bangsa dengan IPTEK dan IMTAQ
Misi :  
n  Membuat produk yang berkulitas dan bernilai baik
n  Berusaha menumbuhkan generasi yang memahami IPTEK dan IMTAQ
n  Terus berinofasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri


Sekilas Perusahaan

domElektronik adalah perusahaan multimedia yang membuat sebuah alat untuk kebutuhan sehari hari

Kepemilikan Perusahaan

domElektronik adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Christian Evandro Lopez

Sejarah Singkat Perusahaan

domElektronik  adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan alat elektronika sederhana, domElektronik adalah perusahaan yang berdiri sejak 28 January 2017 dimana sang pendiri mendapat ide untuk membangun perusahaan ini adalah inspirasi dari mata kuliah ekonomi teknik semasa kuliah di universitas gunadarma.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

domElektronik Berlokasi di Jl. Cinciro 5 rt02/07. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 40x20 meter.


Produk

domElektronik mempunyai satu produk yg akan di buat yaitu alat untuk parker suatu kendaraan yg di dalamnya ada sensor ialah paring sensor

*.Parking sensor
Sensor Parkir sekarang ini sudah hampir menjadi Perangkat Standar pada Mobil-mobil keluaran baru, karena Manfaatnya yang sangat besar dalam memberikan Panduan bagi Pengendara ketika memarkirkan mobilnya.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami adalah produk yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya. Karena di buat dengan menggunakan komponen-komponen yang sederhana yang tentunya menjadikan harga jual produk kami jadi lebih murah di banding produk yang lain. Dan walaupun terbuat dari komponen sederhana tetapi soal kualitas produk kami mampu bersaing dengan produk-produk perusahaan lain. Dan untuk memproduksi produk,kami memakai cara manual tidak dengan menggunakan mesin, hal ini kami lakukan Karena kami ingin membuat produk dari kreativitas kami sendiri dan sehingga jika konsumen bisa memesan produk kami sesuai kreasi mereka.
Analisis Pasar

Lokasi kami merupakan tempat yang strategis Karena di lalui oleh banyak orang terutama mahsiswa, yang jadi target kami adalah orang-orang yang biasa lewat di sekitar area kami dan juga mahasiswa/i.

Mengenai produk yang kami buat mungkin sudah banyak produk- produk yang di jual di pasaran akan tetapi kami tidak ragu untuk menjual produk kami, Karena kami yakin bahwa produk kami bakal menjadi produk yang lebih bagus dari produk-produk yang sudah pernah ada sebelumnya, dan disini kami membuat produk kami dengan konsep yang berbeda yaitu konsumen bisa memilih designnya sendiri.


Analisis Industri

Saat ini tentunya banyak sekali perusahaan-perusahaan pembuat alat elektronik yang mungking lebih terkenal dan lebih terjamin produknya, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan

Peramalan Pasar

Saat ini dari tahun ke tahun teknologi semakin canggih maka dari itu kami yakin bahwa tujuan jangka pendek kami akan cepat tercapai tentunya dengan kerja keras kita, Karena akan banyak orang yang mencari produk-produk modern yang seperti kita buat.

Setelah tercapai tujuan jangka pendek kami akan melanjutkan hingga tujuan jangka panjang tercapai dan bukan itu saja kami juga akan memproduksi lebih banyak alat elektronika supaya bisa memnuhi kebutuhan pasar

Strategi Pemasaran

Strategi kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan elektronik lokal dalam hal promosi dan pemasaran.


Organisasi

Perusahaan ini didirikan oleh satu orang yang tentunya akan menjadi pimpinan perusahaan, sedangkan untuk operasional kami sudah membagi dalam beberpa separtemen yang mana akan diisi oleh para pekerja yang akan kami rekrut.

Berikut daftar departemen:
Ø  Departemen Produksi
Ø  Kepala Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas :
v  Perakit produk
v  Programmer
v  Penguji produk
v  Desainer produk



Departemen Keuangan dan Manajemen :
Ø  Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional :
v  Akuntan
v  Administrasi
Departemen Operasional dan Pemeliharan :
Ø  Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja :
v  Teknisi
v  OB
Departemen Pemasaran :
Ø  Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi :
v  Humas
v  Sales
Departemen pengembang :
Ø  Kepala pengembang
Bertanggung jawab dalam mengembangkan produk :
v  Peneliti
v  Creator pengembangan
Struktur Organisasi











Estimasi Biaya

Biaya Investasi

Perlengkapan kantor
n  2 buah meja kerja
n  2 buah cabinet
n  1 set kursi tamu
n  Dispenser
n  2 buah AC

Perangkat Keras
n  3 buah komputer
n  Sebuah Scanner
n  Sebuah Printer
n  Komponen alat

Perangkat Lunak
n  OS Windows 7 original
n  MS office 2010 original
n  Dreamwaver


Total biaya investasi = xxxx

Biaya Operasional
n  Listrik selama setahun
n  Telepon selama setahun
n  Perlengkapan kantor setahun

Biaya pembuatan Parking Sensor
Komponen dan harga yang di butuhkan:

No
Nama komponen
Jumlah
Harga komponen
Jumlah Total
1
IC AT89C51
1
Rp.11.000,00
Rp.11.000,00
2
IC LM324
2
Rp.3.000,00
Rp.6.000,00
3
IC L239D
1
Rp.18.000,00
Rp.18.000,00
4
Xtal 12 MHz
1
Rp.2.000,00
Rp.2.000,00
5
Capsitor non polar 33 pF
1
Rp.500,00
Rp.500,00
6
Fototransistor
4
Rp.2.000,00
Rp.8.000,00
7
Kabel pelangi
1
Rp.10.000,00
Rp.10.000,00
8
Infrared
4
Rp.2.500,00
Rp.10.000,00
9
Resistor 330 ohm
4
Rp.200,00
Rp.800,00
10
Trimpot 50K
1
Rp.500,00
Rp.500,00
11
Resistor 1K ohm
1
Rp.100,00
Rp.100,00
12
Tulang ikan dan black housing
1
Rp.2.600
Rp.2.600
13
Motor DC 12V
2
Rp.25.000,00
Rp.50.000,00
Jumlah harga komponen
Rp.119.500,00


Pendapatan

3 produk setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun

Keuntungan

Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya


Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx

R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx

Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. xxx : Rp xxx = xxxx keping

BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. xxx : xxx keping = Rp. xxx/keping


Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak xxxx keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. xxx/keping
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit